Jaringan Listrik 2 Phase

Selamat datang ke artikel saya, dan selamat membaca artikel saya yang baru dengan judul jaringan listrik 2 phase. Dalam ilmu listrik phase adalah L (Arus listrik positive). seorang electrical istilah phase atau “1 phase, 2 phase, 3 phase”, tentu sudah tidak asing lagi dan sudah mengerti Cara mengaplikasikan listrik 3 phase. Phase = Arus listrik positive [ (+) = L ] maka listrik 1 phase adalah listrik yang menggunakan 1 line Arus listrik positive. Listrik 2 phase menggunakan 2 phase arus listrik positive begitu juga listrik 3 phase, menggunakan 3 line Arus listrik positive.

  • Definisi Jaringan Listrik 1 phase

Listrik 1 phase bertegangan 220 volt dan Arus listrik di salurkan oleh Sumber (PLN) menggunakan jenis kabel SR dan terdiri dari 2 kabel berwarna hitam, Di mana kedua kabel tersebut adalah Arus listrik positive dan Negative (+ -). Ciri ciri kabel SR penghantar arus listrik positive biasanya jika di perhatikan memiliki satu garis halus pada kulit kabel. Ciri kabel SR penghantar arus listrik negative biasa nya hanya hitam polos. Namun Sebaik nya Gunakan test pen untuk menguji nya. Listrik 1 phase biasa di gunakan untuk listrik rumah tangga, Stand Meter Listrik di rumah umum nya adalah listrik 1 phase.

  • Definisi Jaringan Listrik 2 phase

Pembangkit Listrik 2 Phase memang belum ada karena alat2 yang menggunakan listrik 2 phase juga belum ada. Dari Pembangkit 3 phase sebenar nya bisa digunakan untuk 1 phase atau jika mau untuk 2 phase juga bisa. Listrik 2 phase tergolong jarang di gunakan, karena listrik 2 phase umum nya untuk Perusahaan, mall dan lainnya. Namun tidak terlalu efesien untuk mereka.

Listrik 3 phase umumnya bertegangan 380 Volt dan Menggunakan 4 kabel SR sebagai penghantar arus. tiga di antara nya adalah Arus listrik positive dan satu arus listrik negative.  Ciri kabel SR penghantar arus listrik negative adalah hitam polos.  Dan ciri kabel phase 1, phase 2, phase 3 (L1, L2 dan L3) memiliki satu garis halus untuk phase 1 (Line satu) untuk phase 2 memiliki dua garis halus untuk Line 2 dan ciri kabel phase 3 di tandai dengan 3 garis halus pada kulit kabel. Listrik 3 phase di gunakan oleh Perusahaan, mall, hotel dll (pengguna listrik kapasitas besar) Listrik 3 phase di gunakan untuk mengerakkan men-suply arus listrik ke mesin atau motor=penggerak seperti dinamo dengan kapasitas besar dan memerlukan listrik 3 phase (R S T N).

Belum adanya pembangkit jaringan Listrik 2 phase atau 4 phase, menjadikan “belum ada” nya alat yg menggunakan listrik 2 atau 4 phase. Dari Pembangkit 3 phase, bisa digunakan untuk 1 phase atau kalau mau, diambil 2 phase juga bisa.  Pengkategorian listrik 1 phase bila bebannya masih rendah/kecil. Untuk beban tinggi/besar digunakan listrik 3 phase, karena lebih effisien.
Contoh:
1.Dimensi Motor listrik 1 HP 1 phase 3 kali besarnya dibandingkan dengan Motor listrik 1 HP 3 phase.
2.Besar Arus (Ampere) 1HP 1 phase +/- = 3.5 Ampere.
Sedangkan 1 HP 3 phase +/- = 1.2 Ampere.
3.Berdampak juga pada kabel power untuk motor 1 HP 1 phase menjadi 3 kali lebih besar dibandingkan dengan Motor listrik 1 HP 3 phase.

Sampai disini yang bisa saya sampaikan tentang jaringan listrik 2 phase, bila ada sesuatu yang kurang jelas atau kurang tepat, mohon maaf sebesar besarnya. terima kasih telah berkenan membaca artikel saya. semoga artikel ini dapat membantu anda yang sedang mencari info tentang kelistrikan. jangan lupa tetap kunjungi blog saya, untuk mendapatkan informasi dari artikel – artikel saya yang berjudul lain. salam sejahtera bagi kita semua.

Leave a comment